Sabtu, 29 Juni 2013

PENGERTIAN SISTEM TRANSPORTASI


Transportasi
·         sesuatu hal yg berhubungan dg pemindahan orang/barang dr suatu tempat asal ke tempat tujuan
·         suatu tindakan, proses/hal yg sdg dipindahkan dr suatu tempat ke tempat lain
Rekayasa transportasi
·         penerapan prinsip-prinsip ilmiah iptek di dlm semua tahapan perencanaan & pelaksanaan pembangunan infra struktur transportasi untuk menjamin terselenggaranya pergerakan yg selamat, mudah, cepat, nyaman, ekonomis, dan serasi serta bersahabat dg lingkungan
·         penerapan ilmu pengetahuan & matematika dimana sifat-sifat zat & sumber-sumber alami dipakai untuk mengangkut orang & barang dg suatu cara yg berguna untuk manusia

FUNGSI:
  •  menghubungkan orang dg tata guna lahan, pengikat kegiatan & memberikan kegunaan tempat & waktu untuk komoditi yg diperlukan
  • memberikan hubungan antara tempat-tempat produksi dg tempat-tempat konsumsi
RUANG LINGKUP:
Ruang lingkup pembahasan bidang transportasi meliputi:
-      perumusan kebijakan
-      perencanaan
-      perancangan
-      pelaksanaan pembangunan
-      pengoperasian
-      pemeliharaan
Ruang lingkup teknik transportasi dibagi menjadi 2 kategori:
1.      yg berhubungan dg perencanaan sistem
2.      yg berhubungan dg perancangan rinci masing-masing komponen sistem (sarana-prasarana transportasi & sistem pengoperasiannya)
PENGERTIAN SISTEM:
Sistem       :     suatu kelompok elemen/sub-sistem yg bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Karakteristik sistem :
Apabila suatu elemen/sub-sistem tdk berfungsi, maka akan mempengaruhi kelangsungan sistem tsb secara keseluruhan/membuatnya sama sekali tdk berfungsi.

SISTEM TEKNOLOGI TRANSPORTASI:
Terdiri dr berbagai elemen yg hrs bekerja sama utk menggerakkan sistem.
Mnrt Hay (1977), tdp 5 komponen dsr yg membentuk sistem transportasi, yaitu: sumber tenaga penggerak, kendaraan, jalur pergerakan, terminal, & sistem pengendalian operasi.
Pd dasarnya pendukung sistem transportasi terdiri dr 3 unsur:
·         Sarana, terdiri dr sumber tenaga penggerak & kendaraan
·         Prasarana, terdiri dr jalur pergerakan & titik simpul pergerakan/terminal
·         Sistem operasi & pengendalian pergerakan

KARAKTERISTIK TEKNO-EKONOMI
Sistem transportasi mrpk suatu sub-sistem dr sistem yg lbh bsr yg disebut sistem tekno-ekonomi.
Dlm sistem tekno-ekonomi ini maka sub-sistem yg akan berinteraksi adl misalnya sistem pemerintahan, sistem keuangan, sistem nilai masyarakat, dll.

MASALAH TRANSPORTAS
1.      Stabilitas dan daya dukung jalur gerak , kondisi geologi & geografis
2.      Dampak yg timbul  pada lingkungan hidup (polusi udara & kebisingan)
3.      Kapasitas/daya angkut sarana & prasarana berpengaruh dengan makin besarnya kebutuhan & makin tingginya kecepatan yg diminta
4.      Upaya perbaikan sistem & metoda pengendalian utk meningkatkan factor keamanan & keselamatan
5.      Pendanaan yg terbatas
6.      Menipisnya cadangan sumber energi
7.      Adanya perbedaan kepentingan pihak-pihak yg terlibat

PERENCANAAN TRANSPORTASI
Yg mjd pusat perhatian dlm perencanaan transportasi adl upaya memenuhi permintaan (demand) yg ada dg tingkat & kualitas pelayanan yg memadai serta dg dana yg terbatas.
Umumnya bersifat multi disiplin & tdk hanya bs ditangani oleh ahli teknik saja, tp hrs melibatkan keahlian dr bidang lain: ekonomi, sosial, hukum,dsb.

HIDROLIKA

 pengertian hidrolika

pengertian hidrolika :
Hidrolika adalah bagian dari “hidrodinamika” yang terkait dengan gerak air atau mekanika aliran.
Ditinjau dari mekanika aliran, terdapat dua macam aliran yaitu aliran saluran tertutup dan aliran saluran terbuka. Dua macam aliran tersebut dalam banyak hal mempunyai kesamaan tetapi berbeda dalam satu ketentuan penting. Perbedaan tersebut adalah pada keberadaan permukaan bebas, aliran saluran terbuka mempunyai permukaan bebas, sedangkan aliran saluran tertutup tidak mempunyai permukaan bebas karena air mengisi seluruh penampang saluran.
Dengan demikian aliran saluran terbuka mempunyai permukaan yang berhubungan dengan atmosfer, sedang aliran saluran tertutup tidak mempunyai hubungan langsung dengan tekanan atmosfer.
Seperti yang telah kita ketahui, air mengalir dai hulu ke hilir (kecuali ada gaya yang menyebabkan aliran kearah sebaliknya) sampai mencapai suatu elevasi permukaan air tertentu, misalnya :
-    Permukaan air di danau,
-    Permukaan air di laut
Perjalanan air dapat juga ditambah oleh bangunan-bangunan yang dibuat oleh manusia, seperti :
-    Saluran Irigasi,
-    Pipa,
-    Gorong-gorong,
-    Saluran buatan yang lain atau kanal
Walau pada umunya perencanaan saluran ditunjukkan untuk karakteristik saluran buatan, namun konsep hidraulikanya dapat juga diterapkan sama baiknya pada saluran alam.
Apabila saluran terbuka terhdapa atmosfer, seperti sungai, kanal, gorong-gorong, maka alirannya disebut Aliran saluran terbuka atau Aliran permukaan bebas.
Apabila aliran mempunyai penampang penuh seperti aliran melalui suatu pipa, disebut Aliran saluran tertutup atau Aliran penuh.
Jenis-jenis aliran :
Berdasarkan waktu pemantauan adalah :
  • Aliran Tunak (Steady Flow)
  • Aliran Taktunak (unsteady Flow)
Berdasarkan ruang pemantauan adalah :
  • Aliran Seragam (Uniform flow)
  • Aliran Berubah (Varied flow)
Karakteristik aliran
Tipe aliran Kecepatan rata-rata Kedalaman
Steady, uniform V = konstan y = konstan
Steady, nonuniform V = V (x) y = y (x)
Unsteady, uniform V = V (t) y = y (t)
Unsteady, non uniform V = V (x,t) Y = y (x,t)
Tipe aliran yang mungkin terjadi pada saluran terbuka adalah :
  • Aliran Berubah Cepat (Rapidly Varied Flow)
  • Aliran Berubah Lambat (Gradually varied flow)

Elemen Geometri
1. Luas penampang (A)
2. Lebar permukaan (B)
3. Keliling basah (P), dan
4. Jari-jari Hydraulik (R)
Persamaan untuk saluran persegipanjang (rectangle), trapezium (trapezoidal), dan lingkaran (Circle) :
hodrolika
Yang dimaksud dengan penampang saluran adalah penampang yang diambil tegak lurus arah aliran, sedang penampang yang diambil vertikal disebut dengan penampang vertikal.
Dengan demikian apabila dasar saluran terletak horisontal maka penampang saluran akan sama dengan penampang vertikal.
Bentuk-bentuk penampang terdiri dari :
A. Bentuk Penampang Trapesium
Bentuk penampang trapezium adalah bentuk yang biasa digunakan untuk saluran-saluran irigasi atau saluran-saluran drainase, karena mempunyai bentuk saluran alam, dimana kemiringan tebingnya menyesuaikan dengan sudut lereng alam dari tanah yang digunakan untuk saluran tersebut.
B. Bentuk Penampang Persegi Empat atau Segitiga
Bentuk ini merupakan penyederhanaan dari bentuk trapezium yang biasanya digunakan untuk saluran-saluran drainase yang melalui lahan-lahan yang sempit.
C. Bentuk Penampang Lingkaran
Bentuk ini biasanya digunakan pada perlintasan jalan, saluran ini biasa disebut gorong-gorong.

Materi Teknik Sipil

Pelajaran yang harus di tempuh  dalam bidang teknik sipil sekarang ini berbeda – beda antara universitas satu dengan yang lainya, begitu juga dengan kurikulum di institut maupun sekolah tinggi masing – masing mempunyai standar sendiri. :-)
pemerintah berusaha menjadi penengah dengan cara membuat penilaian terhadap  masing – masing sekolah, tentunya hal iniadalah sebuah jalan yang sangat baik  melalui program  ” Akreditasi ” yang di hasilkan badan akreditasi nasional  dengan ukuran A , B , C atau tidak terakreditasi.
Dalam menyikapi hal tersebut , tidak semua universitas mau mengakuinya, hal ini mengingat sistem penilaian  yang terkadang belum tentu sesuai untuk menggambarkan  kualitas universitas yang dinilai, bagi universitas dengan kualitas buruk kemudian mendapat akreditasi A tentunya sangat berbunga – bunga, lalu bagaimana dengan nasib universitas dengan kualitas terbaik yang mendapat nilai C? menyedihkan bukan. :-)
Bagi masyarakat sendiri hal ini menyebabkan sebuah gerbang jalan  simbiosis mutualisme yaitu perasaan ingin dianggap baik dengan bersembunyi pada ijazah dari universitas dengan Akreditasi A atau terbaik, sebuah kondisi yang menyedihkan karena konsep kelulusan adalah bagaimana dapat lulus kuliah dari universitas ternama dan masalah ilmu nanti bisa belajar sambil bekerja !!! parah kan. bukan lagi bagaimana caranya dapat lulus kuliah dengan kualitas ilmu terbaik sehingga dapat berguna untuk masyarakat . melihat hal  ini mungkin akan lebih baik jika masyarakat dan dunia kerja yang menjadi juri dan menilai kualitas  masing – masing universitas. :-)
kembali ke topik, sekedar informasi bagi adik – adik SMA yang ingin melanjutkan kuliah teknik sipil, atau orang tua yang kebetulan anaknya  akan menempuh jurusan teknik sipil,
perbedaan teknik sipil dan arsitektur.
  • Teknik sipil : mempelajari bagaimana merencanakan struktur bangunan  yang kuat, bentuk konstruksi  gedung yang ekonomis dan indah.
  • Teknik Arsitektur : lebih  kepada  mempelajari bagaimana membuat bentuk bangunan yang indah atau gambar desain dan mempelajari bagaimana agar konsep desainya dapat diterima.
mengenai pelajaran yang harus diambil dibangku kuliah pada jurusan teknik sipil yang berbeda – beda disetiap universitas, tetapi pada umumnya hampir sama. pelajaran teknik sipil antara lain:
Mata Kuliah Umum teknik sipil
  • Matematika / Kalkulus
  • Ipa Fisika
  • Bahasa indonesia
  • Bahasa inggris
  • pendidikan pancasila / Etika kesopanan
  • Ipa Kimia
  • Geografi
  • Agama
Mata kuliah jurusan teknik sipil
  • Mekanika teknik / statistika
  • Gambar bangunan
  • Teknologi bahan bangunan
  • Rencana anggaran biaya bangunan
  • Pelabuhan
  • Bandara
  • Struktur Jembatan
  • Struktur beton
  • Struktur baja
  • Struktur Kayu
  • Hidrologi
  • Hidrolika
  • Ilmu Ukur Tanah
  • Mekanika Tanah
  • Jalan Kereta Api
  • Jalan Raya
  • Terowongan
  • Irigasi bangunan air
  • Hukum yang berkaitan dengan pekerjaan Konstruksi
  • Sistem transportasi
  • Rekayasa pondasi
  • manajemen proyek.
  • Aplikasi komputer dalam bidang teknik sipil. ( Autocad , SAP 2000, eTABS , Staad pro , microsoft office dll )
  • dll
dan untuk pelajaran lainya yang belum disebut bisa dimasukan melalui kolom komentar dibawah ya :-)